Senin, 10 Mei 2010

Soal Manajemen Pemasaran

1. Bagaimankah pendekatan ilmiah dalam penelitian pemasaran?
Jawab:
Suatu penemuan sistematik, pencatatan, dan penganalisaan data untuk memperoleh informasi yang berguna pada pembuatan keputusan pemasaran..

2. Apakah yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran?
Jawab:
Yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran ada dua yaitu:
1.) Scientifik (ilmiah) meliputi: - Analisi Pasar dan Riset Pasar.
2.) Descriptif (objek) meliputi : - Data dan Informasi.

3. Bagaimana proses penelitian pemasaran?
Jawab:
Proses penelitian pemasaran: Analisis situasi dan system informasi, Maksud penelitian dan identifikasi masalah, Tujuan penelitian, Estimasi nilai informasi penelitian, dan Rancangan penelitian.
Proses penelitian juga harus dimulai dengan mendefinisikan masalah penelitian dan menentukan tujuan penelitian dengan spesifik.

4. Apakah klasifikasi karakteristik jenis data?
Jawab:
Karakteristik jenis data dibagi menjadi dua, yaitu:
•) Data primer : Ordinal, Nominal, Inteval, dan Ratio.
•) Data sekunder : Sudah diolah, dan Tingkat harga.
Dan klasifikasi data berdasarkan jenis datanya terbagi dua, yaitu :
1.) Data Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data yang dipaparkan dalam bentuk angka-angka. Misalnya adalah jumlah pembeli saat hari raya idul adha, tinggi badan siswa kelas 3 ips 2, dan lain-lain.
2). Data Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna. Contohnya seperti persepsi konsumen terhadap botol air minum dalam kemasan, anggapan para ahli terhadap psikopat dan lain-lain.

5. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen?
Jawab:
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen:
a) Faktor personal : Motivasi, Persepsi, Pemahaman, Kepercayaan, Sikap, dan Kepribadian seseorang.
b) Faktor social : Aspek kultur, Sub kultur, Kelas social, Kelompok referensi, Keluarga, Peran dan status

6. Apakah variable psikologis, variable social, kondisi pada saat membeli yang berkontribusi pada pemecahan masalah keputusan pembelian personal?
Jawab:
iya, karena dengan adanya variabel psikologis, variabel social, ataupun kondisi. Seseorang akan dapat dengan mudah berkonsentrasi dalam hal pemecahan masalah untuk mengambil keputusan apakah membeli atau tidak.

7. Bagaimana marketer membentuk homogenitas pasar konsumen?
Jawab:
Pembentukan homogenitas pasar konsumen meliputi:
•) Segmentasi Geografis : membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda-beda seperti negara, wilayah negara bagian, kabupaten , kota atau pemukiman.
•) Segmentasi Demografis : upaya membagi pasar menjadi sejumlah pokok berdasarkan variabel-variabel seperti Usia, Jenis kelamin, Pendapatan, Pendidikan, Pekerjaan, agama, ras, dan kebangsaan.
•) Segmentasi Psikografis : upaya membagi pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup atau karakteristik kepribadian seperti sifat, motivasi, persepsi, dsb.
•) Segmentasi Perilaku : upaya membagi pasar ke sejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau tanggapan konsumen terhadap suatu produk seperti membeli atau mengkonsumsi.

8. Bagaimana proses segmentasi bagi calon pembeli dan pendekatan atribut yang
memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli?
Jawab
•) Proses segmentasi bagi calon pembeli dapat dilihat dari factor : Segmentasi Geografis.
•) Pasar dapat dibedakan menurut waktu atau batas daerah : Segmentasi Demografis.
•) Pemasaran dapat dibedakan menurut perbedaan : Segmentasi Psikografis.
misalnya: usia perilaku pasar anak – anak berbeda dengan dewasa.
•) Pasar dapat dibedakan menurut sikap konsumen terhadap barang tertentu : Segmentasi Perilaku.

Pendekatan atribut yang mempengaruhi keputusan membeli diantaranya :
1. harga
2. promosi
3. produk
4. motivasi
5. sosial–budaya
6. peranan dan status
7. persepsi
8. pemahaman
9. kepercayaan
10. sikap
11. kepribadian
12. kelas sosial
 
Copyright 2009 AZAR BLOG. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator