Senin, 31 Oktober 2011

Penerapan Etika Bisnis pada sebuah Perusahaan

Penerapan Etika Bisnis pada sebuah bisnis pada akhirnya akan mempengaruhi nilai perusahaan.
Etika Bisnis =>> keputusan bisnis =>>laba perusahaan =>> nilai perusahaan.
Bisnis harus menyadari tanggung jawabnya terhadap para pemangku kepentingan perusahaan dan membuat keputusan yang mencerminkan tanggung jawab ini disebut Stakeholder Benefit.
Stakeholders di perusahaan :
•Internal (“orang dalam”) : pihak yang berkepentingan secara langsung terlibat dalam kegiatan perusahaan. Contohnya : pemegang saham, manajer, karyawan, dll
•Eksternal (“orang luar”) : pihak yang berkepentingan tidak secara langsung terlibat dalam kegiatan perusahaan. Contohnya : konsumen, masyarakat, pemerintah, lingkungan hidup, dll

“STAKEHOLDERS BENEFIT”
Paham stakeholders membuka perspektif baru dalam pendekatan tujuan bisnis/perusahaan.
Stakeholders benefit lebih mencerminkan keseimbangan tujuan perusahaan dalam rangka memenuhi tuntutan semua pihak yang berkepentingan.

TANGGUNGJAWAB TERHADAP PELANGGAN
Perusahaan memiliki tanggungjawab sosial ketika menghasilkan produk dan menjual produknya. Konsekuensinya :
1.Praktik Produksi yang Bertanggung Jawab
•Produksi yang menjamin keselamatan pelanggan.
•Memiliki label peringatan semestinya untuk mencegah efek samping negatif.
2.Praktik Penjualan yang Bertanggung Jawab
•Pedoman harga yang semestinya.
•Periklanan yang beretika.
•Lakukan survei kepuasan pelanggan.

MEMASTIKAN TANGGUNGJAWAB PERUSAHAAN TERHADAP PELANGGAN
Beberapa langkah yang perlu ditempuh :
1.Menetapkan Kode Tanggung Jawab (Kode Etik Perusahaan)
Perusahaan menerbitkan pedoman yang berisi mengenai bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik selayaknya harus diperlakukan.
2.Memantau Keluhan
Perusahaan memberikan nomor akses yang pasti jika pelanggan memiliki keluhan mengenai kualitas produk dan perlakuan yang diterima dari karyawan perusahaannya.
3.Memperoleh dan Menggunakan Umpan Balik Pelanggan
Perusahaan dapat meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik atas produk/jasa yang baru saja mereka beli untuk mendeteksi kualitas produk dan costumer service.

PERANAN KONSUMERISME
Konsumerisme ( consumerism ) adalah permintaan kolektif oleh pelanggan agar bisnis memenuhi kebutuhan mereka. Fenomena konsumerisme populer mulai th 60-an, perkembangan kini perusahaan justru memfasilitasi sebagai strategi marketing untuk mencapai product minded yang lebih realistis.

HAK-HAK KONSUMEN :
1.Konsumen memiliki hak atas keselamatan.
2.Konsumen memiliki hak untuk memperoleh informasi.
3.Konsumen memiliki hak untuk memilih.
4.Konsumen memiliki hak untuk didengarkan

PERANAN PEMERINTAH
Pemerintah berperan memastikan bahwa perusahaan memenuhi tanggungjawabnya kepada pelanggan melalui berbagai kebijakan.
•Kebijakan mengenai Keamanan Produk.
•Kebijakan mengenai Iklan.
•Kebijakan mengenai Persaingan Industri

TANGGUNGJAWAB TERHADAP KARYAWAN
1.Keselamatan para karyawannya.
Menyediakan fasilitas kerja yang aman bagi karyawan dengan memantau secara ketat proses produksi. Misalnya : Tempat kerja yang representatif, Peralatan dengan faktor keamanan yang memenuhi syarat, Savety working. Contoh : masker, sabuk pengaman, kaos tangan, sepatu boot, dll.

2.Perlakuan yang semestinya oleh karyawan lain.

Memahami keragaman – mengintegrasikan karyawan dengan berbagai latar belakang berbeda agar belajar bekerja bersama guna mencapai tujuan bersama perusahaan. Contohnya : Gender, pandangan politik, keyakinan, Mencegah terjadinya pelecehan seksual, dll.

3.Peluang yang setara bagi semua karyawan.
Perusahaan tidak dibenarkan melakukan diskriminasi :
•Asal daerah/negara, suku, gender, dll
•Tindakan Afirmatif ( afirmative action ) : sekelompok tindakan yang dimaksudkan untuk meningkatkan peluang bagi kaum minoritas dan wanita.

MEMASTIKAN TANGGUNGJAWAB PERUSAHAAN TERHADAP PELANGGAN
1.Menetapkan Kode Tanggung Jawab (Kode Etik Perusahaan)
Aturan main bagi perusahaan dan karyawan perlu dituangkan dalam kode etik perusahaan
2.Kebijakan mengenai keluhan
•Memfasilitasi proses mediasi.
•Akses yang mudah bagi karyawan menyampaikan keluhan.
•Forum bagi karyawan untuk menyuarakan aspirasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 AZAR BLOG. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator