Kamis, 24 Februari 2011

Pengaruh Perdagangan Bebas di Tingkat Asia Terhadap lulusan Ekonomi

Menurut saya perdagangan bebas sangat berpengaruh bagi lulusan ekonomi nantinya,, sebab lebih banyak merugikannya dibanding positifnya karena perusahaan-perusahaan asing di indonesia belum tentu membuka lapangan kerja dan sulit bagi pengusaha terutama lulusan ekonomi untuk berusaha sehingga memungkinkan banyaknya pengangguran di indonesia. Akibat barang impor menjadi lebih murah,, volume impor barang konsumsi naik sehingga menghabiskan devisa dan membuat nilai tukar rupiah menjadi sulit menguat.

Melihat dampak yang sangat luar biasa merugikan tersebut sebaiknya harus dilakukan antisipasi yang cepat dan menyeluruh. Langkah segera yang dapat diupayakan adalah pemerintah negosiasi ulang kesepakatan perdagangan bebas itu atau minimal menundanya,, terutama untuk sektor-sektor yang belum siap.

Indonesia perlu melakukan seleksi produk untuk melindungi industri nasional. Misalnya,, garmen Indonesia dibebaskan masuk ke negara lain,, sementara industri makanan dibolehkan masuk. Pengetatan pemeriksaan barang masuk di pelabuhan harus dilakukan karena negara lain juga melakukan hal sama. Namun,, pemerintah sepertinya masih harus bekerja keras agar industri di Indonesia bisa bersaing dengan produk impor yang lebih murah.

Masalah penyelundupan harus diselesaikan juga agar daya saing produk Indonesia bisa tercapai. sebab,, sekarang disinyalir banyak produk ilegal yang masuk. Kalau tarifnya nol(gratis),, berarti sudah tidak bisa ketahuan bedanya lagi,, mana yang ilegal dan mana legal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 AZAR BLOG. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator